Macam-macam Sensor PIR

Kebetulan saya dulu waktu kuliah membuat TA make sensor PIR. Sensor yang saya pakai gambarnya seperti ini

PIR KC7783RModul PIR KC7783R dari Co Media

Untuk sensor lain yang pernah saya lihat gambarnya seperti ini

AMN 33111
Panasonic AMN 33111
AMN 14111
Panasonic AMN 14111
AMN 41121
Panasonic AMN 41121
AMN 12111
Panasonic AMN 12111

Untuk tipe yang saya pakai cukup mudah karena tidak butuh rangkaiam khusus seperti sensor dari PANASONIC. Sedangkan gambar sensornya sendiri seperti dibawah ini

Sensor PIR

Untuk harga dari tipe KC7783R waktu saya beli harganya Rp. 100.000 (tahun 2008 lho) dan dari panasonic yang saya beli waktu itu adalah tipe AMN 12111 dengan harga murah Rp. 20.000 (tahun 2008 juga itu belinya :D)

Untuk cara ujicoba sensornya gampang, cukup beri voltase 5 volt dan output dihubungkan ke voltmeter, jika voltmeter bergerak dari 0 v menjadi 5 v saat ada inputan gerakan, maka sensor bekerja dengan baik. Atau ikuti gambar ini

Cara Coba
Cara Coba

10 Comments

  1. wah wah wah, thanks berat nih artikelnya, saya aja lupa klo saya pernah nanya. btw, saya waktu itu nanya dmana ya ? 😀

    • rifqy87

      hahaha…saya juga lupa, soalnya udh lama gak ngeblog krn sibuk :p

  2. dwi

    belinya d mana

    • rifqy87

      untuk di jkt bisa ke harco glodok, cari toko yagn namanya OK Electronic, untuk depok bs beli di Prasimax atau di daerah sawangan (saya lupa nama tokonya)

  3. mau nnya… ada g sensor PIR yang jangkauan deteksinya 7 m??

    • rifqy87

      Saya blm dengar kabar tentang PIR yang jangkauan deteksinya 7 m

  4. danel

    saya mw TA pakai sensor PIR…
    sensor PIR jenis mana yang paling bagus responnya??
    trmksh sblmnya

    • rifqy87

      menurut saya sensor yang tipe KC7783R dari Co Media yang bagus karena mudah digunakan

  5. mas rifky bantuin kasih solusi ya,,
    mas aku mau tanya, sayakan mau buat TA tentang pendeteksi hewan “kususnya banteng” di hutan baluran.
    apakah sensor ini bisa/cocok untuk digunaka?
    klo g, solusinyag gmn??pake sensor apa?

    • rifqy87

      untuk sensor pir tidak bisa digunakan karena sensor hanya mendeteksi sinar infrared passive yg dimiliki oleh manusia, klo sensor lainnya saya belum begitu tau, mungkin bisa tanya ke mbah google 😀

Leave a comment